Rabu, 24 Juli 2013

Seperti Apakah Proses Operasi Plastik?

Sebenernya penulis memposting ini tidak bermaksud menjelek-jelekkan orang korea. Karena saya pun tahu pada dasarnya rata-rata orang disana, aslinya tidak seperti gambaran personel Kpop yang terbilang cantik & ganteng menurut banyak fansnya. Hahaha. Sorry, yang saya maksudkan hanya memberi info bagi para pembaca. Bagaimana sih proses operasi plastik? Mulai dari mengubah bentuk hidung dengan Rhinoplasty hingga mengubah bentuk tulang rahang menjadi V-line dengan Jaw bone reduction, kelihatannya itu semua lazim dilakukan di Korea Selatan sana.

Sorry to say, menurut saya orang korea rata-rata aslinya biasa aja tapi bukan berarti mereka aslinya tidak ada yang cakep loh ya, karena sebenarnya banyak juga yang dari lahirnya tidak oplas alias cakep dari lahir. Namun dengan info seputar oplas ini mungkin ada baiknya kita mempertimbangkan untuk menghargai ciptaan tuhan yang sesungguhnya sudah indah. Menghargai ciptaanNya bukan berarti tidak merawatnya loh ya.



Ini dia proses Plastic surgery yang lazim dilakukan oleh masyarakat negara ginseng.


1. MATA

1.1 Double Eyelids (lipatan mata)

Karena jarang sekali ditemukan warga korea yang punya double eyelid (bersyukur ya jadi orang indonesia o_o ) , maka double eyelid surgery merupakan salah satu pilihan yg cenderung lebih aman dan cepat untuk mendapatkan efek mata lebih besar. Langkah-langkahnya seperti gambar dibawah.


Pertama polanya ditentukan dan digambar.




  Kemudian polanya disayat melalui pisau bedah supaya dapat double eyelid.






Salah satu hasilnya.








1.2 Epi Canthoplasty
Yaitu memperbesar mata dengan cara mengekspansi kelopak mata ke arah vertikal, maksudnya? Coba lihat aja gambar ini.







Proses pembedahan
Dengan epi-c, mata bisa dibuat sebesar (sebelo) mungkin, hasilnya lebih besar ketimbang hasil double eyelid, kalau eyelid tidak perlu mereduksi tulang mata. Nah untuk epi-c kalau matanya terlalu kecil, bisa sampe mengikis paksa tulang mata (prosedur ini yg kerapkali dilakukan artis/aktor korea).


1.3 Latheral Canthoplasty
yaitu memperbesar mata dengan cara memperlebar mata ke arah horizontal, seperti apa , lihat gambar dibawah.
 

Contoh hasilnya

 
1.4 Multilateral 
Multilateral adalah gabungan dari epi-c dan lateral-c, yaitu memperlebar mata ke arah horizontal juga ke arah vertikal plus double eyelid, seperti yg dilakukan salah satu artis, Park Min Young.


Contoh hasilnya


Double eyelid membutuhkan waktu pengoperasian selama 10 menit, sedangkan multilateral, epi-c dan lateral-c membutuhkan waktu 30 menit dengan waktu pemulihan 2 minggu. 



2. HIDUNG


2.1 Memancungkan Hidung

Sebagian besar orang korea memiliki tulang hidung rendah, hingga mereka menginginkan tulang hidung tinggi, seperti yang dibahas sebelumnya, bahwa standar kecantikan Korea look alike a doll, yang berkiblat pada kecantikan barat. Prosedurnya yaitu dengan menyisipkan implan tulang baru, berupa silikon atau dari tulang imitasi yang dikembang-biakkan dari tulang rawan pasien sendiri. Kadang diantara kita ada yang berpikir, kenapa hidung orang korea, terutama artis/aktornya mancung alami, salah satu jawabannya karena mereka tidak menggunakan silikon sebagai implan, tapi dari tulang mereka sendiri. Sehingga mau dicubit sekeras apapun tak bakal ketahuan, atau kepanasan juga tak bakal meleleh, toh implannya dari tulang sendiri.

  

Proses implantasi Silikon

 
2.2 Membuat hidung lebih panjang
Apa yg dimaksud dengan short-snub nose? yaitu istilah bagi rhinoplasty untuk "memperpanjang" ukuran hidung, kita tahu bahwa orang asia rata-rata  memiliki tulang hidung yang pendek, seperti halnya pembahasan diatas yaitu teknik yang dilakukan yakni dengan menyisipkan implan dari tulang rawan nasal septum si pasien ke hidungnya. Contoh perbedaan hasilnya dapat dilihat pada gambar.


2.3 Mengecilkan Nostril hidung
Blunt tipe adalah tipe hidung yg kita kenal dengan hidung besar dan lebar, untuk memperkecil ukuran hidung, orang korea menggunakan teknik "ukir", maksudnya apa teknik ukir itu? yaitu tulang alar kartilago hidung diukir hingga bentuknya menjadi lebih lancip, kemudian tisu lemak yang tidak diperlukan dihilangkan (coba lihat langkah ke-2 pada gambar), dan kedua tulang dijahit (lihat langkah ke-3).



2.4 Meluruskan tulang hidung yang bengkok 
Teknik operasi ini tak lagi asing di dunia kedokteran barat, karena teknik ini memang dilakukan tidak hanya oleh orang korea, namun beberapa aktris Hollywood pun melakukannya (di barat masih terbatas, tidak seumum di korea). teknik yang dilakukan yaitu dgn mengabrasi/mengikis tulang hidung. 



3. RAHANG


Publik korea sangat mengagung-agungkan wajah kecil. Kenapa ya? Kalau anda pecinta drama korea mungkin ingat, orang korea suka memuji orang dengan wajah kecil. Wajah kecil? apa maksudnya? Nah jadi wajah kecil adalah istilah untuk bentuk wajah V-line.


Kenapa mereka terobsesi wajah yang kecil (v-line)? Karena ras korea menurut penelitian dari struktur rahang, kebanyakan memiliki rahang kotak (square) dan bulat (rounded), lebar dengan tulang pipi yang menonjol. Seperti halnya hukum ekonomi, makin langka maka makin banyak diinginkan. Itulah alasan mengapa mereka rela 'sakit' demi mendapatkan wajah yang sempurna


Dalam dunia medis, istilah ini dikenal dengan operasi Jaw bone reduction / mandibular reduction (pengurangan tulang rahang) dan zygoma/cheek bone reduction (pengurangan tulang pipi), Apa sih jaw bone dan cheek bone itu? jaw bone adalah tulang yg membuat rahang kotak dan zygoma adalah tulang yang membuat pipi menonjol dan wajah "lebar".



Proses pembedahan ekstrim mandibular reduction

Dan berikut contoh hasilnya.



1 komentar :

  1. Padahal ada teknik rias khusus untuk bikin efek mata jadi belo. Memang ga permanen tapi ga ekstrim. Baca ulasan kayak gini, betapa bersyukurnya gw punya mata belo asli.

    BalasHapus