Kamis, 18 Juli 2013

Fourplay : Grup kuartet Contemporary Jazz

Mungkin pernah ada yang bertanya pada anda, siapa itu / apa itu Fourplay? Dan mungkin tak sedikit yang langsung berpikiran tentang konten dewasa  atau berpikir 'ngeres'. No.. No.. It's not Foreplay but Fourplay. Kita disini bicara mengenai musik bukan klinik 'dewasa' Okey. 



Jadi yang saya bahas disini adalah Fourplay, sebuah band jazz kontemporer yang mulai muncul di tahun 1991 dan beranggotakan 4 orang yang sangat luar biasa dan berkompeten dalam dunia musik. Mereka adalah Bob James (keyboardist), Harvey Mason (drummer), Lee Ritenour (Guitarist), dan Nathan East (bassist/vocalist). Album pertama mereka bertitel fourplay dirilis pada tahun 1991 dengan beberapa lagunya yang sampai sekarang masih bikin saya comfy kalo mendengarnya, Fourplay dan Wish You Were Here.

Setelah meluncurkan tiga album, sang gitaris Lee Ritenour memutuskan untuk bersolo karir ditahun 1995. Posisinya digantikan oleh Larry Carlton. Debut pertama Carlton di Fourplay dibuktikan dengan dirilisnya album keempat bertitel “4″ di tahun 1998. Masih lanjut dengan sejarah Fourplay. Kabar pada bulan Februari tahun 2010 sang gitaris Larry Carlton, yang sudah lebih dari 12 tahun memberikan kontribusinya pada Fourplay, akhirnya juga memutuskan untuk bersolo karir. Yang menggantikannya adalah seorang gitaris bernama Chuck Loeb.

Penulis sebenarnya interested dengan gaya musikalitas mereka yang menonjolkan genre smooth jazz ditambah kemampuan harmonisasi melodinya dan sarat improvisasi. Tidak seperti jazz swing atau free jazz yang terlalu bersemangat improvisasi dalam permainan musiknya, Band ini justru mengandalkan keharmonisan yang lembut dari lagunya. Nathan East sebagai vokalis cukup mahir dalam penggunaan teknik falsetto yang lembut, tidak memaksakan kemampuan vokal yang terlalu di 'push' seperti kebanyakan penyanyi pop. 

Beberapa Prestasi & Penghargaan 
Di album pertama mereka,  fourplay berhasil menjual lebih dari 1 juta kopi dan berada pada urutan pertama contemporary jazz Billboard dalam waktu 33 minggu. Album kedua mereka Between The Sheets yang direkam tahun 1993, menempati urutan pertama tangga lagu Contemporary Jazz Album di Amerika Serikat dan terjual sebanyak 500.000 keping dan mendapatkan penghargaan album emas oleh RIAA. Album tersebut juga masuk nominasi pada grammy awards 1995. Album ketiga mereka diberi nama Elixir yang direkam tahun 1994 yang bertahan di chart selama lebih dari 90 minggu dan juga mendapat penghargaan album emas dari RIAA.

Grammy menominasikan Fourplay setelah kesuksesan komersial dengan menggabungkan aliran pop dan R&B ke dalam aliran Jazz mereka. Dalam waktu 18 tahun dan 11 album, kuartet ini terus menjelajahi penggabungan musik jazz.
Fourplay menerima Congresional Record dari Kongres Amerika Serikat, Perwakilan Rakyat Amerika mengakui mereka mereka anggota kehormatan dari Industri Musik. Penghargaan diberikan oleh A.Robert Brown, Sr. penasihat untuk anggota Kongres New York, Ed Towns saat Fourplay tampil di Philadelphia. Fourplay hanya satu-satunya grup musik yang diberikan penghargaan oleh Kongres Amerika Serikat.

Penampilan di Java Jazz
Tahun 2011 Fourplay untuk pertama kalinya bermain dalam ajang festival Jazz terbesar di Indonesia. Sebelumnya semua personel fourplay kecuali Larry Carlton pernah tampil secara solo di Java Jazz, tapi pada tahun itu mereka tampil dalam grup fourplay. Pada kesempatan tersebut, pihak Java Jazz production memberikan penghargaan kepada Bob James atas dedikasinya selama ini dalam dunia Jazz.

Belum lama, grup band ini juga tampil di Java Jazz Festival 2013 pada bulan Maret lalu. dengan membawakan beberapa lagu seperti Gentle Giant, Sonnymoon, All I Wanna Do, 3rd Degree dan Bali Run dibawakan oleh keempat pria asal Amerika Serikat.

Berikut ini adalah daftar album-album yang pernah dirilis oleh Fourplay:
  • Fourplay (1991)
  • Between the Sheets (1993)
  • Elixir (1995)
  • Best of Fourplay (1997) – Album kompilasi
  • 4 (1998)
  • Snowbound (1999)
  • Yes, please! (2000)
  • Heartfelt (2002)
  • Journey (2004)
  • X (2006)
  • Energy (2008)
  • Let's Touch the Sky (2010)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar