Rabu, 17 Juli 2013

Coffee Mask and Scrub (Scrub Kopi untuk kulit)

Sekilas mengenai kopi 
Kopi termasuk minuman yang berasal dari biji kopi yang di ekstrak setelah melalui proses pengolahan. Di samping mengandung kafein, ternyata kopi juga memiliki beberapa kandungan yang baik untuk kesehatan kulit layaknya asam buah, lemak, asam organik, mineral, alkaloid, besi, magnesium, dan potassium.

Dengan memiliki kandungan kafein yang tinggi maka akan memberikan efek bagi tubuh, kafein sendiri merupakan senyawa hasil metabolisme sekunder golongan alkaloid dari tanaman kopi dan memiliki rasa yang pahit. Peranan utama kafein ini di dalam tubuh adalah meningkatan kerja psikomotor sehingga tubuh tetap terjaga dan memberikan efek fisiologis berupa peningkatan energi. Efeknya ini biasanya baru akan terlihat beberapa jam kemudian setelah mengkonsumsi kopi. 

Selain kafein, kopi juga mengandung senyawa antioksidan dalam jumlah yang cukup banyak. Adanya antioksidan dapat membantu tubuh dalam menangkal efek pengrusakan oleh senyawa radikal bebas, seperti kanker, diabetes, dan penurunan respon imun. Beberapa contoh senyawa antioksidan yang terdapat di dalam kopi adalah polifenol, flavonoid, proantosianidin, kumarin, asam klorogenat, dan tokoferol. Dengan perebusan, aktivitas antioksidan ini dapat ditingkatkan.

Manfaat bagi kulit
Sekarang ini pemanfaatan kopi bukan hanya diperoleh dengan cara mengkonsumsi nya saja tetapi bisa dimanfaatkan dengan cara dioleskan pada bagian tubuh, terutama bagi kecantikan dan kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat kopi sebagai masker dan scrub :
  1. Mengurangi dan mencegah timbulnya kerutan pada kulit
  2. Mencegah datangnya jerawat
  3. Menghaluskan kulit
  4. Menghilangkan selulit
  5. Membantu dalam menghilangkan sel-sel kulit yang telah mati
  6. Mensupply nutrisi bagi kulit
  7. Menetralkan kulit teriritasi
  8. Menghilangkan bau badan 

Adapun cara yang dapat dilakukan dalam pembuatan dan penggunaan masker scrub kopi, antara lain :


  1. Siapkan kurang lebih 3 sendok bubuk kopi (bisa kapal api murni atau merk lainnya, asal jangan yang mix susu dll)
  2. Campurkan dengan air secukupnya sampai menjadi pasta / kental.
  3. Sebagai masker boleh juga ditambahkan madu ataupun olive oil (minyak zaitun)
  4. Basahi kulit yang mau kita scrub dengan air (lebih bagus menggunakan air hangat, untuk membuka pori-pori yang tertutup)
  5. Aplikasikan pasta kopi tadi pada bagian yang ingin discrub. Dengan catatan, hindari area kulit yang terluka.
  6. Berikan massage pada daerah kulit yang discrub sekitar 1-2 menit. Dengan catatan : cukup perlahan-lahan. Diamkan kurang lebih 30 menit.
  7. Bilas dengan air dingin dan sabun. Bilas hingga bersih, keringkan dengan handuk, kemudian rasakan perbedaan hasilnya

Penulis kadang menggunakan kopi untuk massage namun tidak biasa diminum, disebabkan kafein yang tinggi dan punya pengaruh bagi asam lambung. Apalagi bagi beberapa orang yang mudah maag, maka tidak disarankan sering minum kopi. 

2 komentar :