Rabu, 03 Februari 2010

Bulan di Siang hari dan Mentari di Malam hari


Dalam ilmu Fengshui / falsafah china, dikenal simbol YinYang. Dalam kepribadian manusia dikenal istilah maskulinitas dan feminimitas. Mungkin banyak yang memberikan pernyataan bahwa kepribadian manusia agak sulit ditebak apabila dasarnya berganda. Berganda dalam arti nilai gradasi maskulin dan feminim seseorang memiliki kadar yang tidak relevansi. Atau mungkin kita bisa memberi pernyataan sebaliknya, kedua hal tersebut tak menjadi masalah.

Seorang pria memiliki kemungkinan nilai feminimitas-nya melebihi nilai maskulinitas-nya ataupun sebaliknya bagi wanita. Hal ini mengartikan bahwa disana tak ada yang perlu dipermasalahkan. Sebab setiap nilai kepribadian seseorang adalah hal normal. Sehingga disini kita mulai menanggapi segala bentuk kepribadian seseorang agar tidak perlu dijustifikasi. Terkadang atau mungkin sering kali, kita terbiasa melakukan proses justifikasi yang beralasan pada differensiasi kadar maskulin dan feminim individu. Padahal adanya differensiasi tersebut adalah bukti relevan-nya pluralisme. Karena pluralisme menjadi bagian dari kehidupan sosial maka kita belajar untuk saling menghargai nilai-nilai universal dan menjaga sikap konsolidasi kemanusiaan.
Bulan akan bersinar di siang hari dan Mentari akan cerah di malam hari, hal yang jelas tidak memiliki realitas. Akan tetapi kalimat tersebut merupakan simbol menjaga persatuan bukan perselisihan.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar